14 Kriteria Calon Penerima BLT Dana Desa, 9 Diantaranya Harus Dipenuhi

Administrator 14 Mei 2020 20:37:31 WITA

 

SUBUK NEWS-Ada satu hal menarik yang menjadi pembahasan netizen setelah diterbitkan Permendesa Nomor 6 Tahun 2020, oleh Kemendesa PDTT.

 

Hal menarik tersebut berkaitan dengan kriteria penduduk miskin calon penerima BLT Dana Desa yang dirasa sulit dipenuhi.

 

Bagimana tidak sulit ?

 

Dari 14 kriteria penduduk miskin yang ditetapkan Kemensos, setidaknya calon penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa harus memenuhi minimal 9 kriteria.

 

Sementara, jika melihat kondisi dilapangan, banyak sekali masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat dampak pendemi Covid-19.

 

Tentunya hal ini akan menyulitkan bagi calon pendata, dalam hal ini Relawan Desa Lawan COVID-19 dan juga Desa.

 

Dan secara otomatis, pos belanja ini akan sulit teranggarkan dan terserap dalam APBDes.

 

Padahal, jika kita membaca pada Permendesa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tepatnya dipasal 8A ayat (3) disebutkan bahwa keluarga miskin penerima BLT Dana Desa salah satunya ialah mereka yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan.

 

Lebih lengkap mengenai pasal 8A ayat (3) dalam Permendes 6 tahun 2020 silahkan baca dibawah.

 

Keluarga miskin penerima BLT Dana Desa merupakan keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu pra kerja, serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

 

Kemudian, lebih lanjut jika kita membaca pada lampiran Permendes 6 tahun 2020, tepatnya dilampiran huruf ( Q ) yang berkaitan dengan pencegahan dan penanganan bencana alam dan non alam.

 

Tepatnya dipoin (3) huruf (c) angka (1) tentang metode perhitungan penetapan jumlah penerima manfaat BLT Dana Desa mengikuti rumus sebagai berikut :

 

  1. Desa penerima Dana Desa kurang dari Rp 800.000.000 (delapan ratus juta rupiah) mengalokasikan BLT-Dana Desa maksimal sebesar 25% (dua puluh lima persen) dari jumlah Dana Desa.
  2. Desa penerima Dana Desa Rp 800.000.000 (delapan ratus juta rupiah) sampai dengan Rp 1.200.000.000 (satu miliar dua ratus juta rupiah) mengalokasikan BLT-Dana Desa maksimal sebesar 30% (tiga puluh persen) dari jumlah Dana Desa.
  3. Desa penerima Dana Desa lebih dari Rp 1.200.000.000 (satu miliar dua ratus juta rupiah) mengalokasikan BLT-Dana Desa maksimal sebesar 35% (tiga puluh lima persen) dari jumlah Dana Desa.
  4. Khusus desa yang jumlah keluarga miskin lebih besar dari anggaran yang dialokasikan dapat menambah alokasi setelah mendapat persetujuan Pemerintah Kabupaten/Kota.

 

 

Jika kita melihat perhitungan rumus diatas, dengan dasar harus memenuhi minimal 9 (sembilan) kriteria penduduk miskin yang ditetapkan Kemensos agar dapat menerima BLT Dana Desa.

 

Bukan mustahil, Desa yang telah mengangarkan maksimal dari persentase (%) perhitungan rumus diatas, akan kesulitan menyerap anggaran tersebut.

 

Dan ujung-ujungnya, pasti Desa akan menganggarkan dengan persentase (%) seminimal mungkin agar tidak terjadi SiLPA. Padahal kondisi dilapangan banyak yang kehilangan mata pencaharian.

 

Selain itu, hal ini juga akan menjadi tekanan bagi Desa. Karena masyarakat tahu dan mendengar, bahwa ada pos anggaran untuk BLT yang atur oleh Pemerintah.

 

 

Jika hal dibiarkan, bukan tidak mungkin akan terjadi pergolakan yang luar biasa di Desa.

 

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut. Pemerintah Desa Subuk telah mensosialisasikan Permendesa ini kepada masyarakat melalui media sosial, dan menjelaskan duduk permasalahan yang diatur dalam peraturan ini.

 

Serta, Pemerintah Desa subuk juga akan mengajak masyarakat yang kehilangan mata pencaharian tersebut untuk ikut bekerja dalam program Padat Karya Tunai Desa dengan tetap menjaga jarak aman ( physical distancing ).

Kemudian, bagi Pembaca yang belum memahami tentang apa saja kriteria calon penerima BLT Dana Desa.

 

Berikut ini mimin uraikan 14 tabel kriteria penduduk miskin calon penerima BLT Dana Desa, sebagaimana diatur dalam Permendesa 6 tahun 2020 yang merupakan bagian tidak terpisahkan dalam formulir pendataan.

 

 

Kriteria Penduduk Miskin Calon Penerima BLT Dana Desa

 

  1. Luas lantai <8m2/orang
  2. Lantai tanah/bambu/kayu murah
  3. Dinding bambu/rumbia/kayu murah/tembok tanpa plester
  4. Buang Air Besar tanpa fasilitas/bersama orang lain
  5. Penerangan tanpa listrik
  6. Air minum dari sumur/mata air tidak terlindung/sungai/air hujan
  7. Bahan bakar kayu bakar/arang/minyak tanah
  8. Konsumsi daging/susu/ayam hanya 1 kali/minggu
  9. Satu stel pakaian setahun
  10. Makan 1-2 kali/hari
  11. Tidak sanggup berobat ke puskesmas/poliklinik
  12. Sumber penghasilan KK petani berlahan <500m2, buruh tani, buruh nelayan,buruh bangunan, buruh perkebunan, pekerjaan lain berupah < Rp 600 ribu/bulan
  13. Pendidikan KK Tidak sekolah/tidak tamat SD/tamat SD
  14. Tidak memiliki tabungan/barang mudah dijual minimal Rp 500 ribu

 

Dari 14 kriteria diatas minimal 9 harus dipenuhi, jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

 

pedoman pencatatan penerima BLT Dana Desa

 

Mungkin hanya itu yang bisa mimin jelaskan perihal kriteria calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa. Semoga bermanfaat dan selam indonesia sehat

Komentar atas 14 Kriteria Calon Penerima BLT Dana Desa, 9 Diantaranya Harus Dipenuhi

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

WHATSAP HUMAS PEMERINTAH DESA SUBUK

PERGELARAN SENI dan BUDAYA 2018 KEC, BUSUNGBIU

Live Chat Pemerintah Desa Subuk

Like Facebook

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Kalender Bali

Lokasi Subuk

tampilkan dalam peta lebih besar