PELAKSANAAN PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2024 SERENTAK

Gede Yasa Suriawan 03 Agustus 2024 11:53:17 WITA

SUBUK NEWS - Pemberian Vaksin Polio di Desa Subuk

Pada tanggal 26 Juli 2024, telah dilaksanakan pemberian vaksin Polio bersamaan dengan pelaksanaan posyandu bulan Juni yang bertempat di Gedung Sabha Wahana Desa Subuk. Kegiatan ini bertujuan untuk menindaklanjuti Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri Nomor: 400.5.1/2819/SJ tentang pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional tanggal 21 Juni 2024, serta Surat Edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: IM.02.03/C/1385/2024 tanggal 30 April 2024 mengenai permohonan dukungan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) dalam rangka penanggulangan KLB Polio.

Sejak tahun 2022 hingga 2024, telah dilaporkan sebanyak 12 kasus kelumpuhan, dengan 11 kasus diakibatkan oleh virus polio tipe 2 dan satu kasus oleh virus polio tipe 1. Kasus-kasus ini tersebar di 8 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Banten.

Imunisasi polio ini dilaksanakan dalam dua putaran dengan menggunakan vaksin novel oral polio vaccine type 2 (nOPV2). Putaran pertama berlangsung dari tanggal 23 hingga 29 Juli 2024, dan putaran kedua akan dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 12 Agustus 2024.

Mengingat virus polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen bahkan kematian, kegiatan vaksinasi PIN Polio ini digalakkan untuk mencegah merebaknya kasus polio di Indonesia. Pemberian dua tetes vaksin Polio akan dilakukan secara serentak oleh tim medis, bidan, dan kader posyandu.

Dengan adanya kegiatan vaksinasi ini, diharapkan masyarakat Desa Subuk dapat terhindar dari bahaya virus polio dan mendukung upaya pemerintah dalam menanggulangi wabah polio di Indonesia.

Komentar atas PELAKSANAAN PEKAN IMUNISASI NASIONAL POLIO 2024 SERENTAK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

VIDIO SUBUK

FACEBOOK

Facebook Page Widget

WHATSAP HUMAS PEMERINTAH DESA SUBUK

WhatsApp Auto Message Chat on WhatsApp

Lokasi Subuk

tampilkan dalam peta lebih besar