Lembaga Masyarakat Lainnya

31 Januari 2017 19:26:21 WITA

Lembaga Mayarakat Lainnya yaitu Kelompok Tani, Kelompok Ternak, Kelompok Pembudidaya Ikan.

Dalam menggerakan roda perekonomian desa, masyarakat Desa Subuk sangat berperan aktif didalamnya. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya kelompok-kelompok masyarakat seperti halnya kelompok tani dan wanita tani, kelompok ternak, dan kelompok pembudidaya ikan. Keberadaan kelompok masyarakat ini dalam pengelolaannya diatur di dalam Peraturan Desa Subuk Nomor 3 Tahun 2021 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Adapun Kelompok Tani dan Kelompok Wanita Tani di Desa Subuk antara lain Kelompok Tani Eka Satya, Kelompok Tani Mekar Sari, Kelompok Tani Dharma Karya, Kelompok Tani Dharma Satya, Kelompok Taruna Tani Mahotama. Beberapa dari kelompok tani dimaksud telah bergabung dan berintegrasi dalam gabungan kelompok tani yang selanjutnya disingkat gapoktan yang diberi nama Gapoktan Batur Sari Jagadhita. Komoditas yang paling banyak dikelola oleh kelompok tani di Desa Subuk sebagian besar berupa perkebunan cengkeh, Manggis dan durian. Sedangkan kelompok ternak yang ada, mengembangkan peternakan sapi, babi dan kambing.

Dalam sistem lembaga subak, di Desa Subuk terdapat 3 (tiga) lembaga subak, antara lain Subak Gebang, Subak Celokah, Subak Bukit Pulu. Untuk membentuk ketahanan pangan di Desa Subuk, telah dibangun lumbung pangan desa yang sementara diikuti oleh 2 (dua) lembaga subak yaitu Subak Gebang dan Subak Celokah. Hasil panen yang dihasilkan ketiga subak bias mencapai lebih dari 40 ton dalam sekali panen, sehingga ini menjadi potensi desa untuk mengembangkan ketahanan pangan desa melalui lumbung pangan yang pemasarannya melalui BUM Desa.

Kelompok wanita tani yang masih aktif hingga saat ini di Desa Subuk Kelompok Wanita Tani Dewi Sri Jagadhita dan Kelompok Wanita Tani Sarwanadi, kedua kelompok wanita tani ini bergerak dalam pengembangan dan pembibitan sayur-sayuran yang sementara masih dipakai untuk kesejahteraan anggota kelompok dan belum dipasarkan secara luas.

Dalam hal pengembangan budidaya ikan air tawar, terdapat 3 kelompok pembudidaya ikan, yaitu Pokdakan Mina Muda Mandiri, Podakan Mina purna Karya, Podakan Dharma Karya. Terdapat 2 janis ikan yang menjadi varietas budidaya kelompok ikan di Desa Subuk, yaitu ikan nila dan ikan lele. Dari hasil panen yang telah didapatkan oleh kelompok dipasarkan secara mandiri, baik berupa hasil panen mentah ataupun yang sudah berupa olahan.

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

VIDIO SUBUK

FACEBOOK

Facebook Page Widget

WHATSAP HUMAS PEMERINTAH DESA SUBUK

WhatsApp Auto Message Chat on WhatsApp

Lokasi Subuk

tampilkan dalam peta lebih besar