Nyepi Dresta Desa Adat Subuk Persiapan Pujawali Purnama Kapat 2024

Gede Yasa Suriawan 02 Oktober 2024 23:20:12 WITA

Nyepi Dresta Desa Adat Subuk Persiapan Pujawali Purnama Kapat 2024

Subuk, 2 Oktober 2024 – Desa Adat Subuk melaksanakan upacara Nyepi Dresta sebagai rangkaian persiapan menjelang Pujawali di Kahyangan Desa yang akan dilangsungkan pada Purnama Kapat, 17 Oktober 2024. Upacara ini dihadiri oleh seluruh krama Desa Adat Subuk, yang mengikuti dengan khusyuk dan penuh pengendalian diri dalam menjalankan Catur Bratha Penyepian.

Perbekel Desa Subuk, Ketut Suliada Kusana, S.T.,NL.P., dalam sambutannya, menekankan pentingnya pengendalian diri selama melaksanakan Nyepi Dresta. “Saya berharap seluruh krama Desa Adat Subuk dapat melaksanakan Catur Bratha Penyepian dengan baik, agar seluruh rangkaian persiapan Pujawali di Kahyangan Desa berjalan lancar,” ujar Perbekel Ketut Suliada.

Beliau juga menambahkan bahwa pelaksanaan Catur Bratha Penyepian, yang meliputi amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak menghibur diri), merupakan bentuk pengendalian diri yang harus dijalankan dengan disiplin. "Pengendalian diri dalam Nyepi Dresta ini akan mempengaruhi kelancaran Pujawali dan keharmonisan kehidupan di desa,” tambahnya.

Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya penyucian diri bagi seluruh warga desa, yang dianggap penting sebelum melaksanakan rangkaian Pujawali. Upacara Nyepi Dresta di Desa Adat Subuk berlangsung dengan khidmat, dengan partisipasi aktif dari krama desa yang bersama-sama menjaga keharmonisan lingkungan dan spiritual.

Pujawali di Kahyangan Desa Adat Subuk pada Purnama Kapat mendatang diharapkan dapat berjalan dengan lancar dan membawa berkah bagi seluruh warga.

Komentar atas Nyepi Dresta Desa Adat Subuk Persiapan Pujawali Purnama Kapat 2024

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

VIDIO SUBUK

FACEBOOK

Facebook Page Widget

WHATSAP HUMAS PEMERINTAH DESA SUBUK

WhatsApp Auto Message Chat on WhatsApp

Lokasi Subuk

tampilkan dalam peta lebih besar