Musyawarah Rembug Stunting Desa Subuk 2021

Administrator 25 Juni 2021 10:33:07 WITA

SUBUK NEWS - Jum’at 26 Juni 2021 Pemerintah Desa Subuk, Kecamatan Busungbiu mengadakan Musyawarah Desa Penanganan Program Stunting dan juga rembug stunting sebagai salah satu tahap perencanaan Desa Subuk untuk Rencana Kerja Kalurahan Tahun 2022. Musyawarah Desa dalam Penanganan Stunting ini dilaksanakana karena hasil riset nasional selama 10 tahun terakhir belum menunjukkan adanya perubahan yang berarti, dan Juga Program Stunting masih menjadi Rencana Jangka Menengah Nasional. Selaras dengan amanah Undang-Undang 6 Tahun 2014 tentang Desa,

Musyawarah Desa Rembuk Stunting dibuka oleh Ketua Badan Pemerdayaan Desa (BPD) Subuk Ketut Pasek, yang dihadiri oleh anggota BPD desa Subuk, Pendaping PLKB Kecamatan Busungbiu, Babinsakamtimas, Kader Pemerdayaan Manusia, Ketua dan anggota PKK serta Kader Posyandu, Lembaga Pemerdayaan Masyarakat Desa (LPM) dan anggota LPM serta Prangkat Desa.

Dalam motto Rembung Stunting dengan “ MELALUI KONVERGENSI PENCEGAHAN STUNTING KITA WUJUDKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG UNGGUL MENUJU INDONESIA MAJU ”, ayo benahi tatanan penanganan Stunting yaitu 1000 hari bayi kelahiran, “ ujurnya Perbekel Subuk KETUT SULIADA KUSANA, ST.

Tingginya tingkat partisipasi masyarakat merupakan ujung tombak bagi pemerintah Desa secara keseluruhan. Sehingga dengan adanya Pelatihan Penanangan Stunting sekaligus rembug stunting diharapkan perencanaan Pemerintah Desa lebih meningkat Lagi.

Adapun Sasaran Pencegahan Stunting

Sasaran prioritas konvergensi pencegahan stunting adalah ibu hamil dan anak usia 0-23 bulan atau rumah tangga 1000 HPK sebagai masa yang paling kritis dalam tumbuh kembang anak

Anak usia 24-59, wanita subur dan remaja putri

Dan untuk Tujuan rembug stunting itu sendiri adalah Pemaparan data sasaran dan layanan, permasalahan-permasalahan stunting dan analisis penyebabnya, Pembahasan usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah (FGD) di Rumah Desa Sehat dan Pembahasan dan penyepakatan prioritas usulan program/kegiatan invervensi gizi spesifik dan sensitif. Kesepakatan hasil rembug stunting di kalurahan dituangkan dalam Berita Acara.

Hadir dalam acara Pelatihan ini Bapak Gusti Komang Artin (Koordinator PLKB Kecamatan Busungbiu). Bapak Gusti Komang menyampaikan bahwa di Desa Subuk sudah mengoptimalkan lahan tanah pekarangan dalam upaya penanganan Stunting melalui KWT Desa dan Gapoktan Desa Subuk. Harapannya kedepan Desa Subuk akan menjadi slaah satu barometer keberhasilan di Kecamatan Busungbiu

Bapak KPM Made Sujana, menyampaiakan sangat berterimakasih dan sangat berapresiasi kepada Bapak Perbekel telah menberikan suport dalam melaksanakan tugas, dan saat ini saya belum mendapatkan pelatihan dari dase, atao pun diatasanya, sebelumnya ada yang dapat pelatihan, ayo mohon disadari atas kekurangan.

 Kader Posyandu, Balita, Poslansia Desa Subuk yang telah berupaya semaksimal mungkin pencegahan stunting di Desa Subuk. Untuk tahun 2022 memang banyak terpending karena BLT Dana Desa untuk penanganan stunting. Mudah mudah untuk tahun depan bisa terfokus dengan Program Stunting dan diharapkan para kader Peran aktif para kader dalam pencatatan bayi 100 hari kelahiran

Adapun hasil rembug stunting yang nanti akan diharapkan masuk diusulan musyawarah Desa adalah

Pelatihan Kader BKB

Peningkatan Posyandu pengadaaan Timbangan Bayi

Pengadaan APE luar dan APE dalam sesuai usia 0- 2th

Rembug stunting

Pelatihan Membuat makanan tambahan bagi bayi

Pelatihan / orientasi untuk kesehatan reproduksi untuk remaja

Pelatihan pencegahan anemia dan penyakit menular

Operasional RDS

Operasional KPM

Ibu Styaning Dewi Sundari selaku Ketua PKK Desa Subuk menyampaikan masih banyak problem terkait dengan penanganan balita dan ibu hamil di desa subuk seperti kurang paham nya ibu hamil dalam hal jaminan kesehatan bagi ibu hamil dan Balita, juga dalam penyajian Makanan Tambahan yang masih monoton, sehingga perlu ada pelatihan membuat makanan tambahan Balita.

 

Komentar atas Musyawarah Rembug Stunting Desa Subuk 2021

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutube

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

WHATSAP HUMAS PEMERINTAH DESA SUBUK

PERGELARAN SENI dan BUDAYA 2018 KEC, BUSUNGBIU

Live Chat Pemerintah Desa Subuk

Like Facebook

Mohon Bantu Kami, Like This !!!

×

Kalender Bali

Lokasi Subuk

tampilkan dalam peta lebih besar